tale of the introvert (1)

“Belajar bareng, yuk”

“Yuk, kapan?”

“Sekarang”

dan aku cuma bisa diem aja.. lalu bilang,

“maaf ya, nggak bisa”

dan aku harus memutar otak mencari alasan yang tepat..

Sebenarnya alasan utamaku cuma 1,
aku nggak bisa belajar bareng..
iya, aku nggak bisa

aku nggak bisa mencermati suatu kalimat kalau suasana di sekitarku nggak mendukung, misalnya berisik
aku lebih suka kalo suara itu berisik tapi nggak berhubungan dengan apa yang lagi aku coba pelajari, misalnya suara musik (aku pakai headset) atau suara orang lalu lalang di suatu tempat.
saat keadaan mendukung, aku jadi bisa konsen, mencermati apa yang aku baca, punya waktu untuk membayangkan proses yang aku baca, karena aku tipe orang yang nggak bisa menghapal, aku harus mengerti dengan begitu aku hapal.

kadang kalau lagi belajar bareng, aku lagi serius mau mengerti suatu kalimat atau paragraf, kemudian temen kita tanya tentang sesuatu yang entah dia baca darimana, temen yang lain berusaha menjelaskan ke dia, dan menurutku cukup 1 yang menjelaskan ke dia, tapi imbasnya konsenku tetap buyar karena aku jadi mikir apa yang dia nggak ngerti. Belajarku jadi loncat-loncat sana-sini.

kadang ada lagi yang malah jadi adu argumen…

“menurut aku gini deh, waktu itu aku pernah baca….”
“menurut aku gitu deh, waktu itu aku juga pernah denger….”

padahal menurut aku, yaudah baca aja dibuku, itu udah yang paling tepat jawabannya.

dan terus seperti itu sampai selesai belajar bareng 😶

di akhir belajar bareng, temen yang tadinya nggak ngerti udah bisa ngerti, temen yang tadi udah ngerti juga sudah merasa cukup dengan menyimpulkan dari adu argumen tadi, kemudian aku ngertinya cuma setengah-setengah 😭
dan in the end of the day aku harus begadang lagi untuk bener-bener cari evidence based, nggak cuma kata si ini dan si itu, nggak cuma seingetnya si ini dan si itu..

Ini yang sebenarnya sulit aku jelaskan, kadang kalau nolak belajar bareng dan menjelaskan ini, bakal dianggap sombong atau gimana gitu nggak sih? frankly, aku takut menyinggung sih. Padahal memang tiap orang memiliki cara masing-masing untuk bisa belajar kan..

Leave a Reply

