Yuuk buat dried flowers sendiri :D

Hey yaaa
Siapa yg suka dikasih bunga tapi terus bingung mau diapain?
Mau dibuang sayang karena memorable tapi mau disimpen jg gimana caranya kan kalo udah layu kelopaknya lepas semua?

Baru kemarin nih aku mengeringkan bunga lagi, terus lumayan kan kalo dishare caranya jadi aku fotoin juga tahap2nya πŸ˜€

Nah ini cara gampang mengeringkan bunga jadi tetep bisa disimpan dan mempercantik sisi rumah atau kamar ☺️

Pertama, yang dibutuhkan adalah benang dan tempat untuk menggantung (biasanya aku pake hanger)
1. Potong benang, ikatkan di ujung bawah batang bunga yg akan dikeringkan.
2. Ikat sisi benang yg lain ke gantungan.
Bingung? Iya jadi intinya bunganya digantung terbalik.

image

Oh iya yang sering berurusan sama bunga pasti ngerti kalo bunga udah agak layu itu pasti fragile banget, kesentuh dikit kelopaknya langsung copot satu demi satu 😱. Makanya pas tahap ini bunga2 harus bener2 ditangani dengan hati2 dan lembut.

Berapa lama gantung bunga ini?
Sampai kering aja, waktunya ga tentu, tiap bunga kan kandungan airnya beda2 jadi keringnya juga waktunya beda2.

Tandanya udah kering dan udah siap dirangkai apa?
Coba aja disentuh pelan2 di bagian kelopak atau daun, pasti ada bunyinya tanda udah kering. Warnanya juga berubah kok, jadi kecokelatan.

image

Kedua, nah kalo udah kering kita ambil lagi nih terus kita buang benang yang tadi untuk menggantung bunga. Tapi jangan dipotong2 dulu tangkainya.
Pas tahap ini, karena udah kering jadi nggak terlalu fragile lagi, tapi tetep harus hati2 karena sekalinya copot bukan beberapa kelopak aja, tapi bisa aja semua kelopak kepisah sama tangkainya πŸ˜‚

image

Ketiga, berarti udah siap semua nih bunganya. Tinggal disusun! Pastikan membeli vas yang tepat tinggi dan besarnya. Jangan kegedean, apalagi kalo nyusun bunganya tanpa pasir artifisial atau alat bantu lain karena nanti bunganya ga bisa tegak.
Sebelum disusun, dikira-kira dulu gimana rangkaian bunga yg pas buat bunga2 yg kita punya. Karena kalo udah kita taruh dan tangkainya udah saling melintang di dalam vas, susah buat ngeluarinnya lagi, bisa2 bunga yg lain ikut ketarik.

Nah sambil merangkai bunga ini baru kita bisa potong tangkai2 yg menurut kita terlalu panjang yg ngebuat jd kurang estetik 😁.

Pas merangkai juga harus agak tega buat denger bunyi daun2 kering yg kena tangkai atau daun dari bunga yang lain, yg penting tetep pelan2 jadi ga rusak.

Ini dia jadinya yg kemarin baru aku bikin πŸ˜€ Bisa bener2 buat kenang-kenangan deh ☺️
Selamat mencoba!

image

image

image

Advertisements

2 thoughts on “Yuuk buat dried flowers sendiri :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s