Si Jawa

Aslinya mana?

Ini adalah salah satu pertanyaan paling sulit untuk dijawab bagiku hahaha. Jawaban dari pertanyaan ini juga sulit untuk ditebak sama orang-orang yang baru kenal. Jadi inget waktu bimbel kelas 3 SMA (lupa aku sebenarnya kita lagi membahas apa) tiba2 gurunya dengan PD-nya ngomong:

“Nah kalo orang-orang suku Sunda yang seperti ini.” (sambil nunjuk aku)

Aku bengong, nengok belakang ga ada orang, tapi gurunya emang wajahnya emghadap ke aku. Bingung. Sampai akhirnya dia nyadar dan nanya:

“Kamu Sunda kan?”

“Bukan pak, Jawa.” (sambil nahan ketawa)

“Oh, biasanya yang Sunda2 yang kayak gini.“ lanjut guruku.

Ga tau kenapa kayaknya emang wajahku susah ketebak ya, aslinya darimana, entah terlalu abstrak atau gimana haha. Ada yang bilang Batak, paling sering dikira Chinese. Yang jelas jarang banget yang bilang aku Jawa. Kalo udah ngobrol banyak dan lagi ngumpul sama orang2 Jawa, baru deh ketauan aslinya karena emang agak2 medhok.

Jadi, aslinya mana?
Tiap ada pertanyaan ini, sebelum jawab pasti aku senyam-senyum dulu, karena jawabannya bakal panjang. Aslinya Jawa karena orang tua dua-duanya Jawa, oma-opa yo Jowo kabeh, ya intinya darah Jawa asli. Tapi lahir di Jakarta, besar di Tangerang dan sekarang tinggal di Bandung.

Mungkin karena udah cukup lama di Bandung, kuliah di Bandung dan kerja disana jadi udah mulai agak kebawa buat pronounciation-nya (ceileh), misal nambah mah, teh, atuh, da, dan lain-lain. Kalo yg diajak ngomong orang baru kenal atau orang bukan asli Sunda pasti mikirnya aku udah Sunda pisan. Tapi, kalo ngomong langsung sama temen yg asli Sunda pasti diketawain karena masih agak2 beda kedengerannya, maksa gitu katanya hahaha ya gimana atuh lidah tetep Jawa. Kadang kalo temen deket banget malah ngatain “huu dasar wong Jowo” sambil sok2 di-medhok2-in. Aku se-medhok itu ya?

Yaudah, kalo gitu bilang aja Jawa.

Nah, biasanya kalo aku langsung bilang Jawa, pasti mereka nyangkanya ya aku tinggal di Jawa (Timur / Tengah), terus pertanyaannya malah makin berderet tentang hidup di Jawa. Jadi daripada kecewa mendingan aku bilang dari awal aja panjang kayak gitu :p

5 thoughts on “Si Jawa

  1. Hihi lucuu, ternyata kakak bisa medhok? 😮

    Lha aku dr nama udah jelas org jawa, ditunjuk nah kalau yg namanya ini pasti dari jawa. Padahal jakarta wkwk, ngga bisa ngomong jawa, denger aja. Meskipun ortu dua duanya jawa hehe.

    Duh, sekarang abdi mah manggilnya teteh aja gmn atuh? Teh bonbon XD

    *aku jd seneng bgt baca2 disini 🙈*
    Kakak pintar, wawasannya luas, tapi apa adanya
    , sederhana dalam tiap penyampaian dan tutur katanya 🙌

    Like

Leave a Reply

