Hello, prospective students!

Akhirnya ada juga waktu buat nulis blog setelah sekian lama dan sampe ditanyain “kok udah ga pernah update blog lagi?” Maaf sekaliii, kemarin-kemarin terlalu sibuk dengan hal-hal lain di dunia nyata *gaya banget* dan ini aja disempet-sempetin nulis karena, you know what, ini udah pingin kutulis dari 5 bulan yang lalu haha.

Tapi seneng juga pada nanyain, seneng karena berarti selama ini coretan2 nggak penting di blogku dibaca orang hahaha. Maaf akhir-akhir ini memang sering ngisi blog lebih ke review-review produk karena tanggung jawab kerjaan, jadi sekarang kita share pengalaman, tepatnya tips & tricks yang lebih serius sedikit.

Jadi, akhir Januari aku mendatangi sebuah acara EduFair yang ramainya bukan main. Kenapa sih ramai sekali? Karena biasanya beberapa EduFair yang aku datangi nggak sepadat itu, mungkin karena yang mengadakan adalah lembaga beasiswa yang beasiswanya banyak diminati dan ditunggu.

Beberapa temen bilang ada yang got nothing, kemudian di-revised, dapet info sih tapi nggak sesuai yang diharapkan.

Nah, jangan sampe dateng ke pameran pendidikan itu cuma buang-buang waktu dan tenaga. Kalo aku sendiri, dapet banyak hal yang aku ingin tahu sebelumnya. Jadi aku mau bikin tips tricks buat dateng ke pameran pendidikan.

  1. Cari tau apa yang kamu mau terlebih dulu.

Oke, kamu mau ambil pendidikan apa? Dimana? Mendingan surfing di web dulu, kalo apa yang kamu mau udah dapet, cari detailnya. Kebanyakan informasi itu sudah ada di web universitasnya (terutama universitas luar negeri), bahkan modul yang akan kamu jalani per semester udah tercantum disitu. Kamu bisa download news letter, atau subscribe sebagai prospective student biar dapet info-info terbaru. Kalo kamu merasa udah cukup, ngapain dateng ke pameran pendidikan? Buang waktu, tenaga, ongkos.

  1. Siapin pertanyaan

Ini penting buat orang kayak aku yang punya berderet pertanyaan hampir tiap ada pernyataan hahaha. Nah, kalo apa yang kamu baca di web ada yang kamu nggak ngerti atau perlu penjelasan lebih lanjut, siapin pertanyaan. Apa berarti kita harus dateng ke pameran pendidikan setelah itu? Yuk lihat dulu tips yang ketiga.

  1. Cari sumber yang bisa menjawab pertanyaan yang kamu miliki

Disini, apa kamu tipe orang yang lebih suka nunggu jawaban atau tatap muka langsung sama orang yang kamu tanya biar tek toknya lebih gampang? Ini dia, beberapa universitas menyediakan forum kalo kamu mau tanya-tanya lebih lanjut, biasanya lewat email. Tapi nggak menutup kemungkinan juga kamu disediakan waktu untuk bisa nanya via skype, seperti John Hopkins University. Kalo kamu lebih suka ngobrol langsung dengan univ representative, so it’s your time to search the closest upcoming education fair!

Intinya adalah, dateng ke pameran pendidikan jangan ‘kosong’ banget. Harus udah punya info dan pertanyaan yang nggak bisa kamu cari di web manapun. Karena kalo infonya bisa didapetin di web, ngapain capek-capek ke pameran pendidikan? 😉

Advertisements

One thought on “Hello, prospective students!

  1. Bener juga bon, googling aja dulu, eh masuknya malah ke sini..

    ada beberapa justru dateng ke acara memang untuk sekedar networking atau mau dapet angin segar
    Biasanya setelah acara, akan dapet insight2 entah itu ide atau motivasi

    Sebagian, yang penting ikut, lumayan eventnya instagram-able 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s